RSS

Viral Marketing

15 Mei

Jika kita memperhatikan sebuah gosip yang tengah hangat entah itu dari orang-orang sekitar kita maupun artis ternama, begitu cepat informasi itu menyebar dari mulut ke mulut tanpa ada yang mengkomando. Setiap orang menyebarkan hal tersebut kepada orang lain secara suka rela. Bagaimana jika yang dibicarakan tersebut adalah kebaikan produk anda? tentu ini menjadi iklan gratis bagi produk anda. Pertanyaannya, mungkinkah hal ini didesain agar iklan produk menyebar dengan sendirinya ke hadapan audience? inilah sesungguhnya Kekuatan  Viral marketing. Iklan produk menyebar kehadapan target pasar dengan cepat dan efisien dalam waktu yang singkat dan akhirnya terkonversi menjadi peningkatan penjualan.

Pada dasarnya strategi viral marketing merupakan upaya mempromosikan produk melalui kekuatan mulut ke mulut dari audience sendiri. Ketika seseorang suka akan sesuatu maka orang tersebut cenderung akan menceritakannya kepada orang lain. Orang lainpun akan berlaku sama kepada orang yang lain lagi begitu seterusnya. Inilah yang menjadi tujuan viral marketing.

Viral marketing memiliki beberapa kekuatan  dalam strategi promosi yaitu:
Dari aspek distribusi, Viral marketing menyebar dengan sangat cepat laksana virus dan tidak pernah berhenti.
Keterjangkauan, Viral marketing mampu menjangkau wilayah customer yang sangat jauh melebihi cara-cara promosi secara konvensional.

Konsumen akan semakin mengenal produk dan perusahaan anda jika viral marketing telah bekerja. Efek lebih lanjut orang menjadi ingin tahu lebih lanjut mengenai produk bahkan menjadi pengguna prosuk anda. Dari aspek biaya, akan lebih banyak cost untuk promosi yang bisa dipangkas. Saat viral marketing sudah berjalan maka fans produk anda akan menjadi agen pemasaran dengan sendirinya. Hal ini akan menekan biaya pemasaran yang cukup significant.

Ada banyak cara dilakukan orang untuk membuat kampanye viral marketing. Salah satu cara adalah dengan membentuk semacam fans page melalui social media misalnya Facebook, atau menggunakan twitter dengan memanfaatkan figure artis beken yang sudah memiliki follower yang cukup banyak. Dalam bisnis online, pemilik konten bisa menggunakan script share this, atau refer this dan lain sebagainya.

Meski demikian ada beberapa persyaratan dalam mencapai kesuksesan viral marketing ini antara lain harus memiliki keunikan konsep dan konten. Selain itu konsep viral marketing harus relevan atau menyentuh langsung kepada orang yang direferensikan. Kekuatan viral marketing memang luar biasa, namun memerlukan kekelian dan persiapan yang matang dalam mengelolanya. Sehingga benar-benar menjadi virus yang menyebar dengan cepat dan efisien

sumber:http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/kekuatan-strategi-viral-marketing

 

 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: